4 Dec 2010

Data Visualization: Flickr Related Tag BrowserI

Author: annisa.anastasia08 | Filed under: Academic, kuliah

Flickr adalah sebuah situs yang berfungsi sebagai tempat untuk berbagi  foto secara online ke seluruh dunia. Di dalam website ini pengguna dapat berbagi cerita lewat foto-foto yang dapat diatur oleh pengguna itu sendiri. Setiap foto biasanya memiliki tag-tag yang diberikan oleh pengguna yang mewakili keadaan dalam foto tersebut.

Untuk memberikan kemudahan, terdapat beberapa aplikasi yang diberikan oleh Flickr untuk para penggunanya, salah satunya adalah Flickr Related Tag Browser. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mencari foto-foto yang ada di Flickr sesuai dengan tag yang diinginkan. Masukkan  kata ke dalam kotak di bawah ini, setelah itu akan muncul foto-foto yang sesuai dengan kata yang dimasukkan. Selain foto-foto yang berkaitan, dimunculkan juga tag-tag lain yang memiliki keterkaitan dengan tag yang diketikkan sebelumnya.

Bila mouse kita arahkan ke kotak yang ada dibagian tengah, maka secara otomatis kotak tersebut akan menjadi lebih besar seperti gambar di bawah. Terdapat 2 bagian dari gambar yang diperbesar tadi, yaitu bagian kanan dan kiri. Bagian kiri berisi beberapa foto yang memiliki tag sesuai dengan kata yang diketikkan tadi. Sedangkan bagian kiri berisi gambar salah satu foto dari sebelah kanan yang ditampilkan dengan ukuran yang lebih besar.

Apabila pengguna ingin melihat foto lain yang memiliki tag yang berkaitan dengan tag yang telah dicari sebelumnya, maka pengguna tinggal mengklik saja salah satu dari tag yang berada di sekeliling gambar utama.

Aplikasi ini sangat membantu pengguna untuk mengetahui keterkaitan antara foto satu dengan foto yang lain melalui tag yang dimiliki setiap foto. Misalnya dimasukkan kata becak sebagai tag yang akan dicari, maka selain muncul seluruh foto yang memiliki tag becak, ditampilkan pula di sekeliling foto tersebut tag-tag lain yang berkaitan dengan tag becak tadi. Dengan memvisualisasikan data seperti ini, pengguna menjadi lebih mudah untuk mengenali hubungan antara satu foto dengan foto lainnya. Hal ini akan sangat berguna ketika kita akan mencari foto-foto yang saling berkaitan satu-sama lain tanpa harus menganalisisnya sendiri.

Meskipun begitu, terdapat beberapa kekurangan dari aplikasi ini. Salah satunya adalah pengguna tidak dapat memperbesar ukuran tag-tag yang ada di sekeliling tag utama. Padahal, tulisan yang ada pada kotak-kotak tersebut kurang dapat terlihat jelas bila tidak diperbesar. Dengan demikian, pengguna dipaksa untuk menghafal setiap tag yang ada atau mencoba-coba setiap tag dengan mengkliknya satu persatu.

Pengguna dari flickr masih di dominasi oleh pengguna asing, sehingga ketika kita mencoba  mencari foto dengan tag berbahasa Indonesia, maka hasil pencarian dari foto-foto yang ada kurang begitu tepat.

Tags: , , , , ,

5 Responses to “Data Visualization: Flickr Related Tag BrowserI”

  1. annisa.anastasia08 Says:

    Dintunggu komentarnya…. =)

  2. Fajar Says:

    pertamaX wei 😀

    kalo kursornya nggak ngehover, album utamanya malah menjauh ya

  3. Muhammad Abrar Says:

    Ukuran lingkaran tag-nya menyesuaikan tinggi jendela browser, makanya jadi kecil.

    O iya, harusnya dikasih jeda waktu pas mouse keluar dari bagian tengah. Karena agak “mengagetkan” pas mouse nggak sengaja keluar sedikit dari bagian tengah dan tiba-tiba zoom out.

  4. rizka.paramitha08 Says:

    ada loadingnya,. warnanya kurang jelas jadi dikirain hanya blank sheet aja,. heu
    tapi masih ada pencarian yang hasilnya kosong., udah loading yang sedikit membuat menunggu, ternyata hasilnya nihil kan sedikit mengecewakan.,
    bener kata abrar, zoom outnya sedikit mengagetkan,. tapi jadi efektif untuk orang yang berniat untuk lihat-lihat.

  5. yuli45com Says:

    cuma bisa dowbload ya?? gak bisa upload juga?? tapi keren, visualisasinya menarik banget. i like it,..

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme