6 Sep 2010

CTS

Author: annisa.anastasia08 | Filed under: kesehatan

ada yang pernah denger sebelumnya? Kepanjangannya sih Carpal tunnel syndrome. Meskipun katanya wikipedia gak bisa dijadiin referensi ilmiah dikarenakan ketidakjelasan informasi yang ada di dalamnya, tapi gak ada salahnya juga kalau mengutip sedikit dari website tersebut. That’s it!

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) is associated by symptoms and signs, which are caused by compression of the median nerve travelling through the carpal tunnel.[1] Carpal Tunnel Syndrome affects the hands since it is an upper limb neuropathy that results in motor and sensory disturbance of the median nerve.[2]


Hmm, kok bingung ya bacanya? Kalau dari sumber yang lain yang saya dapatkan, kira-kira simpelnya begini, CTS adalah penyakit yang menyerang tangan dimana syaraf tangan menyatu di bagian pergelangan tangan sehingga menyebabkan nyeri. Dalam jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada tangan. Walaupun banyak penyebab lainnya tetapi pemakaian komputer yang terlalu sering menjadi salah satu penyebab yang paling banyak terjadi untuk penyakit persendian pergelangan tangan ini.

Nah loh! Jangan-jangan saya pun mengalaminya tanpa saya sadari? Jujur saja, sejak masuk jurusan Ilmu Komputer ini, interaksi dengan laptop memang semakin meningkat. Mungkin kalau dihitung, minimal 8 jam per hari saya akan berhadapan langsung dengan salah satu teknologi ini. Maklum, hampir semua materi kuliah ada di dalam sini. Dan nampaknya, akhir-akhir ini mulai terasa efek sampingnya.

Pertama, mata semakin mudah lelah. Mungkin akibat radiasi dari layar monitor, sehingga bila sudah 1 jam lebih menatap layar, rasanya mata akan sangat berat, alias mudah mengantuk. Kedua, berhubungan dengan CTS tadi. tidak seperti komputer, saya jarang ssekali menggunakan mouse bila memakai laptop. Jadi, andalan satu-satunya adalah touchpad yang menyatu dengan keyboard laptop. Penggunaan touchpad cukup berbeda dengan mouse, sebab posisi kedua tangan mulai dari pergelangan tangan hingga ujung-ujung jari tidak terlalu bebas. Ditambah lagi, saya sering menggunakan laptop dengan posisi tidur. Jadilah ketika mengetikkan sesuatu, maka posisi jari-jari serta pergelangan tangan menjadi tidak umum. Dan seperti saat ini, rasa nyeri tiba-tiba datang. Saya sendiri kurang faham, apakah ini termasuk gejala CTS atau bukan. Rasa nyeri yang sama saya rasakan ketika memegang handphone. Sama seperti kasus sebelumnya, rasa nyeri pun akan timbul ketika saya memegang HP. Rasa nyeri akan semakin meningkat ketika saya sedang mengetikkan sesuatu menggunakan keypad.

Harapan saya sih, semoga hanya sekedar nyeri biasa akibat terlalu lelah. Sebab, akan lumayan gawat seandainya rasa nyeri ini berlanjut lebih serius. Semoga saja tidak.. ^_^

Tags: , , ,

One Response to “CTS”

  1. miftaha08 Says:

    Kayaknya ane salah satu yang pernah kena deh ==a

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme