13 Aug 2010

Ada ya ILKOM di IPB….????

Author: annisa.anastasia08 | Filed under: Academic

Bagi kalian para mahasiswa baru Ilmu Komputer IPB, pernahkah mendapat pertanyaan seperti ini:

“Ada ya Ilmu Komputer di IPB…..???

Tenang saja, kalian tidak sendiri. Hampir setiap mahasiswa Ilkom pernah mendapat pertanyaan serupa. Entah dari pihak keluarga, teman, ataupun tetangga. Kalau sudah begitu, rasa geram itu pasti ada. Antara ingin marah, kesal, tapi bingung juga harus menjawab apa. Jangankan kalian yang masih terhitung sebagai penghuni baru di kampus hijau ini, kami yang sudah jadi sesepuh pun masih bingung kalau harus menjawab pertanyaan tersebut. Belum lagi kalau mendegar celotehan miring seperti berikut:

Anak ILKOM mah mana ngerti pertanian. Memangnya bisa nyangkul pake keyboard…?”

Wah, kalau sampai ada yang bilang begitu, meskipun hanya sekedar candaan, seharusnya kita sebagai anak ILKOM jangan mau terima begitu saja. Sebab bisa dibilang itu fitnah saudara-saudara!! Dan sudah sepatutnya kita mengklarifikasikan hal yang sebenarnya tentang eksistensi jurusan kita di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia ini. Karena faktanya, begitu besar peranan yang dapat kita berikan terhadap kemajuan pertanian Indonesia.

Tak ada asap jika tak ada api.

Tentu ada penyebab mengapa tak banyak orang yang tahu kalau di IPB pun ada yang namanya jurusan Ilmu Komputer. Kalau mau mengakui, tentu ada peranan kita sebagai mahasiswa di dalamnya. Suatu jurusan dapat dikenal bahkan menjadi favorit apabila memang ada hal yang membuatnya terkenal. Hal itu bisa dicapai lewat image baik dari jurusan itu sendiri seperti prestasi para akademisi di dalamnya. Jurnal-jurnal ilmiah, temuan-temuan baru dalam bidang teknologi, ataupun keaktifan para mahasiswanya dalam mengikuti berbagai kompetisi di tingkat nasional hingga internasional, semua itu dapat menjadi tolak ukur seberapa “terkenalkah” jurusan kita.

Akademis vs Organisasi

Tanpa disadari, setiap dari kita, sebagai mahasiswa ilkom tentunya, punya amanah, punya peranan, punya tanggung jawab untuk terus meningkatkan nama baik institusi kita ini. Kita tidak bisa terus-terusan menjadi mahasiswa “kupu-kupu” alias kuliah-pulang-kuliah-pulang. Tapi tidak dibenarkan juga bila kita hanya memilih untuk menjadi mahasiswa “kura-kura” atau kuliah-rapat-kuliah-rapat. Butuh balancing atas keduanya.

Mengutip kalimat dari seorang Mapres IPB, — yang kebetulan juga alumni Ilmu Komputer IPB — , mbak Nur Hasanah,

Study oriented itu perlu, tapi yang seperti apa? Apakah hanya sekedar kuliah, lalu pulang? Kalau yang seperti itu memang tidak bagus. Bila setelah perkuliahan selesai, lalu muncul rasa penasaran yang mendorong kita untuk mencari informasi lebih lanjut, misalnya ke perpustakaan atau lewat internet, itu study oriented yang baik. Kalau perlu ilmu yang telah kita dapatkan di kelas, kita modifikasi lagi, kita perdalam, kemudian kita implementasikan.”

Jadi, dapat disimpulkan kalau kita memang perlu seimbang. Tidak hanya meningkatkan prestasi dari segi organisasi, tapi juga mampu menghasilkan suatu karya, suatu prestasi yang pada akhirnya akan mengangkat nama baik dari Ilkom itu sendiri. Karena memang keduanya dibutuhkan untuk bisa bertahan saat ini, ketika dunia telah dipenuhi oleh arus informasi yang sangat deras. Kalau kita tidak mampu mengolah informasi tersebut, bisa-bisa justru kita yang akan terbawa arus.

Sedikit miris ketika beliau (Mba Nurhasanah) menyampaikan, departemen Ilmu Komputer adalah departemen yang cukup jarang mengirimkan utusannya pada ajang mahasiswa berprestasi atau kompetisi lainnya. ” Ketimbang capek-capek membuat karya tulis atau karya ilmiah, anak-anak ilkom cenderung lebih tergiur untuk mengerjakan projek di luar kuliah.”. Hm, mungkin ini juga yang menjadi penyebab mengapa ILKOM sepertinya kurang eksis di mata publik. Tidak seperti fakultas sebelah, misalnya Ilmu dan Teknologi Pangan, yang mungkin hampir setiap tahun mengirimkan mahasiswanya untuk “berkunjung” ke negeri lain. Entah sebagai student exchange ataupun sekedar mempresentasikan hasil tulisan ilmiah mereka.

Aplikasi Ilmu Komputer dan Teknologi di bidang Pertanian

Kalau kita sendiri sebagai mahasiswa Ilmu Komputer tidak tahu apa fungsi kita bagi pertaniaan, bagaimana mungkin kita bisa mempromosikan diri kepada publik. Pengaplikasian teknologi di bidang pertanian bukannya tidak ada sama sekali, justru banyak sekali, mungkin memang kitalah yang kurang peduli dan kurang mau berusaha untuk mencari informasi tersebut. Karena itu, berikut beberapa bukti keberadaan Ilkom di IPB memang dibutuhkan:

Nusantara Earth Observation Network (NEOnet) BPPT

Pernah mendengar? Atau baru pertama kali? Rasanya kita sama. Saya sendiri sebenarnya agak bingung mendeskripsikan apakah ini sebenarnya. Apakah sebuah sistem? Aplikasi? Database? Insitusi? Atau apa? Tapi berdasarkan hasil temuan saya pada link berikut,  NEOnet tersebut memang berada di bawah asuhan BPPT, atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Beberapa sistem informasi yang  telah berhasil dikembangkan dari NEOnet ini adalah sebagai berikut:

  1. SIJAMPANG

Sistem Informasi Hujan dan Genangan Berbasis Keruangan, begitulah nama lengkap dari “sijampang” ini.  SIJAMPANG ini baru saja lahir pada 18 Juni 2010 lalu. SIJAMPANG merupakan aplikasi sistem infomasi mengenai hujan dan genangan yang mempunyai liputan sejauh cakupan radar cuaca Harimau. Daerah yang terliput adalah daerah dalam radius 110 km dari lokasi radar yang terletak di PUSPITEK Serpong, Tangerang. Kota-kota besar yang termasuk dalam area ini adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Serang. [ read more ]

2. OPT

3. HyperSRI

4. Integrated Fire Suppression Technology

5. HARIMAU

Untuk nomor 2 – 5 sengaja tidak saya beri penjelasan singkat. Jadi silahkan para pembaca langsung menuju link yang dimaksud. Yang saya sebutkan di atas baru sebagian kecil saja hasil temuan saya. Sebenarnya masih banyak lagi teknologi-teknologi yang telah diterapkan pada pertanian kita. Bukan hanya untuk pertanian dalam arti sempit, tapi juga dalam arti luas, seperti bidang perikanan dan kelautan. Di sana lebih banyak lagi teknologi informasi yang telah dikembangkan serta diaplikasikan. Mungkin ada yang bisa membantu saya membuatkan daftar link-nya….? =D

Ayo Bangkit

Satu hal yang saya sadari dari beberapa hasil temuan saya di atas adalah:

“Ternyata semua mata kuliah yang diberikan di kelas tidak ada yang tidak berguna. Semisal Analisis Numerik, Kalkulus Lanjut, Aljabar Linear, bahkan Terori Bahasa dan Otomata sekalipun akan sangat dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi-aplikasi seperti di atas. Mungkin ini jugalah yang benar-benar membedakan Ilmu Komputer di IPB, dengan Ilmu Komputer pada umumnya. Bahwa kita punya diharapkan dapat ikut berkontribusi dalam kemajuan pertanian Indonesia, bahwa ilmu yang kita tuntut selama di bangku kuliah ini amat sangat ditunggu dan diharapkan oleh para petani-petani Indonesia. Bahwa jurusan-jurusan lain yang kelihatannya tidak punya hubungan dengan Ilmu Komputer, justru sangat menanti hasil-hasil karya dari kita, para mahasiswa Ilmu Komputer”.

Mungkin memang sudah saatnya kita bangun dari mati suri selama ini. Meskipun memang akan terasa berat pada awalnya. Yang saya sendiri meyadari bahwa yang terberat sebenarnya adalah menumbuhkan rasa kemauan untuk mencoba serta melawan rasa ragu yang datang dari diri sendiri. Tapi saya yakin, kalau suatu saat orang-orang tidak akan lagi bertanya tentang keberadaan Ilmu Komputer di IPB, tetapi justru jurusan inilah yang mungkin akan menjadi awal perubahan untuk pertanian Indonesia yang lebih maju.

HIDUP PERTANIAN INDONESIA… ^_^

Tags: ,

2 Responses to “Ada ya ILKOM di IPB….????”

  1. syabac Says:

    Oleh karena itu, mari berkontribusi baik di dalam atau pun di luar kampus. :)
    Supaya Ilkom IPB makin dikenal sehingga ucapan “Eh ada ilkom ya di IPB” lenyap. 😀

  2. annisa.anastasia08 Says:

    sip kak,,, ^_~
    usaha kita bersama…..

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme