20 Jul 2010

Uang baru lagi, 10.000an dan pecahan 1.000an

Author: annisa.anastasia08 | Filed under: indonesia, new

Beberapa hari kemarin, status-status facebook dari kakak tingkat di jurusan heboh membicarakan tentang keluarnya uang rupiah baru. Mereka beramai-ramai menukarkan uang ke dalam pecahan Rp 1.000 dan lembaran Rp 10.000 yang baru. Ya kebetulan kebanyakan dari mereka sedang PKL (Praktik Kerja Lapangan) di bank, termasuk Bank Indonesia. Makanya informasi tentang adanya uang baru ini cepat sampai.

Berdasarkan status-status mereka, aku coba mencari informasi di internet mengenai kebenaran berita tersebut. Usut punya usut, ternyata memang pemerintah resmi mengeluarkan “produk terbarunya” pada hari Selasa lalu, 20 Juli 2010.

“…..Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof.DR. Boediono meresmikan mulai beredarnya uang logam (UL) Rupiah pecahan 1.000 (seribu) Tahun Emisi (TE) 2010 dan uang kertas (UK) Rupiah pecahan 10.000 (sepuluh ribu) desain baru….”

Kira-kira begitu petikanpengumuman yang ada di situs resmi Bank Indonesia. Aku sendiri belum pernah melihat wujud asli dari para pendatang baru tersebut. Mungkin karena baru kemarin resminya peluncuran jadi belum beredar terlalu banyak. Untuk mengusir rasa penasaran, kira-kira seperti ini penampakannya:


a. Pecahan Seribuan

Pecahan Rp 1.000 tampak DEPAN


Tampak BELAKANG


Sedikit deskripsi singkat mengenai uang tersebut, sebagai berikut:

Bagian Depan           : Gambar GARUDA PANCASILA

Bagian Belakang     : Gambar alat musik ANGKLUNG yang berlatar belakang GEDUNG SATE di Bandung

Warna                         : Putih Keperakan

Bahan                          : Besi/baja yang dilapisi nikel (nickel plated steel).

Menurut Penanggung Jawab sementara Bank Indonesia, yaitu Bapak Darmin Nasution, “Pemilihan gambar angklung sebagai alat musik tradisional merupakan wujud pelestarian kebudayaan nasional. Demikian juga halnya dengan gambar Gedung Sate di Bandung – Jawa Barat sebagai wujud pelestarian tempat bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia”


b. Sepuluh Ribuan

Untuk uang sepuluh ribuan sendiri, sebenarnya bukan benar-benar diedarkan uang baru untuk menggantikan yang lama. Uang yang baru ini lebih kepada perubahan warna yang semula ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan, sedangkan untuk desain tetap menggunakan desain lama. Denger-denger, ini dilakukan karena “si sepuluh ribu” ini sedikit mirip dengan temannya “si seratus ribuan”. Meskipun hampir sama, tapi nilainya jauh berbeda, dan karena kemiripannya tadi, banyak orang yang sering salah tukar. *Kalo ketuker dari 10rb jadi seratus ribu sih gak masalah… =P ..*

Coba dibandingkan sendiri,, kira-kira sejauh mana perbedaannya….?

Desain Lama

Desain Baru

Lebih lengkapnya perubahan dari uang kertas ini adalah sebagai berikut:

  1. Penambahan unsur pengaman rainbow printing dalam bidang berbentuk segi lima yang memiliki efek berubah warna (efek pelangi) apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, pada sebelah kanan gambar utama,
  2. Penambahan desain berbentuk lingkaran-lingkaran kecil berwarna merah dan ditengahnya berwarna putih yang letaknya tersebar pada sebelah kanan gambar utama,
  3. Perubahan kode tuna netra (blind code) berupa satu buah lingkaran yang semula tidak kasat mata (visible) menjadi kasat mata dan terasa kasar apabila diraba (cetak intaglio), terletak pada samping kanan gambar utama,
  4. Penggantian tinta berubah warna (Optically Variable Ink) berupa segi delapan yang berubah warna dari hijau menjadi biru apabila dilihat dari sudut pandang berbeda, menjadi desain logo BI di dalam bingkai berbentuk ornamen daerah Palembang dan tidak berubah warna (cetak offset), terletak pada sebelah kanan bawah uang.

Kira-kira seperti itulah penampakan “dua makhluk” baru di peredaran uang di Indonesia. Kia doakan saja, semoga kebijakan pemerintah ini bisa meningkatkan ekonomi Indonesia. Jadi, rakyatnya makmur sentosa, negaranya aman dan damai. Akhirnya semuanya bahagia…… =D

Tags:

9 Responses to “Uang baru lagi, 10.000an dan pecahan 1.000an”

  1. agha Says:

    haha tadinya gue kira yg logam yg 10.000an

  2. isnan Says:

    Kayaknya uang sepuluhribuan-nya masih lebih bagus yang lama deh.
    Yang baru lebih mirip “Ngurah Rai”… :)

  3. annisa.anastasia08 Says:


    Kayaknya uang sepuluhribuan-nya masih lebih bagus yang lama deh.
    Yang baru lebih mirip “Ngurah Rai”… :)

    malah lebih mirip uang mainan kalo menurut gw mah….

  4. annisa.anastasia08 Says:

    haha tadinya gue kira yg logam yg 10.000an

    eh,, uang logam 100.00a0an aja ada loh…
    kalo gak percaya, cari aja di googel..

  5. Henderson32Catherine Says:

    That is perfect that people are able to take the credit loans and this opens completely new possibilities.

  6. rahmah Says:

    uang spuluh ribuan ga jauh beda koq. warna nya lebih muda aja.
    –banyak uang receh bakal nambah bingung

  7. [Blocked by CFC] annisa.anastasia08 Says:


    uang spuluh ribuan ga jauh beda koq. warna nya lebih muda aja.
    –banyak uang receh bakal nambah bingung

    gw belom liat juga sih ma sebenernya duitnya kya apa…. ^_^
    kapan balik luh..?

  8. Tenri Says:

    eh.. eh..
    gw udah punya donk duit yg 10ribuan baru.. hehe.. (nuker di bank)

    tp klo yg 1ribuan baru blum punya..
    jelek ah 1ribuan barunya, ky duit gopean atau seratusan gtu.. jadi gak spesial ky seribuan logam yg lama

  9. buy essays Says:

    Thanks to your great topic people would buy an essay at the essays writers referring to this good topic.

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme