14 Jul 2010

Ayo memasak bubur kacang hijau

Author: annisa.anastasia08 | Filed under: the journey

Siapa sih yang gak kenal bubur kacang ijo? Apalagi kalau ditambah ketan hitam. Hmm,, rasanya pasti nikmat! Bisa disajikan dingiin atau hangat. Mau jadi sarapan bisa, atau makanan pas laper tengah malam. Wuaa…..

Gak tau kenapa, tiba-tiba muncul niat iseng pengen nyobain masak bubur kacang ijo. Maklum, selama ini cuma bisa dibuatin ato beli di warkop-warkop pinggir jalan. (Gak tau kenapa, warung kopi tapi jualannya kacang ijo 0.0). Berhubung masih amatiran, jadi sebelum perang memasak ada baiknya kita siapkan bahannya dulu. Pertama, kita cari resepnya dulu =D.

Ibarat backpaker butuh peta sebelum bepergian, maka kita butuh rese ini sebagai penunjuk jalan kita. Yup, supaya niat bikin bubur kacang ijo gak nyasar malah bikin bubur ayam.. =p. So, inilah salah satu hasil dari berselancar saya. Selamat menikmati… ^_^

==========================================================================

Bahan:

30 gr sagu mutiara, rebus matang, sisihkan
250 gr kacang hijau
2,5 L air
2 lembar daun pandan
3 cm jahe, memarkan
1/2 sdt garam
250 gr gula pasir

Bahan Kuah:

1,5 L santan dar 1 butir kelapa
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan

Bahan Ketan:

150 gr beras ketan putih, rendam 1 jam
300 ml air
2 lembar daun pandan
3/4 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Rebus kacang hijau dalam air bersama daun pandan, jahe, dan garam sampai lunak
  2. Masukkan gula, aduk sampai gula larut. Angkat
  3. Ketan: kukus ketan selama 10 menit. Sementara itu didihkan air, daun pandan, dan garam.
    Masukkan ketan. Aduk sampai air mengering. Kukus sampai matang. Angkat dan dinginkan
  4. Rebus bahan kuah sambil diaduk hingga mendidih. Dinginkan
  5. Sajikan bubur kacang hijau hangat bersama ketan, pacar cina, dan siraman santan

==========================================================================

Oia, sekedar tambahan info juga nih.. Bubur kacang ijo, atau nama bekennya phaseolus radiatus asalnya dari Jepang. Awal mulanya bisa masuk ke Indonesia adalah berkat para pedagang Tionghoa seiktar abad ke-19. Mungkin kalau mereka gak berdagang ke Indonesia, kita gak akan pernah merasakan nikmatnya si burjo ini. Tapi, ada juga yang bilang kalau India lah yang jadi kampung kelahirannya.

Sempat ada istilah kalangan burjois yaitu suatu kelas masyarakat yang hanya mampu menyantap burjo saja. Jadi mereka-mereka yang kesulitan mendapatkan nasi biasanya hanya memakan kacang hijau sebagai makanan pokok mereka. Hal ini sekaligus sebagai langkah penghematan juga. Hmm,,, agak mirip-mirip sama kalangan borjuis ya. Tapi bedanya, kaum borjuis justru gak perlu pusing mau makan apa.. =D

Oia, kacang hijau ini banyak mengandung vitamin dan kaya akan protein yang penting untuk tubuh kita. Sebut saja vitamin B1 yang berfungsi sebagai penambah nafsu makan,serta vitamin B12 yang dapat membantu proses penyerapan protein dalam tubuh kita. Kacang ijo ini juga bermanfaat sebagai penambah energi. Yup, karena kandungan proteinnya yang banyak tadi. Gak heran juga kalau ada orang merasa gak perlu makan nasi lagi setelah makan si burjo ini. (Yaiyalah, udah kenyang).

Nah, resepnya udah dapet, manfaatnya udah tau. Sekarang tinggal prakteknya. Hmm,, jadi gak sabar mau cepet-cepet nyobain masak. Ada yang mau bantuin… ? =D

Tags:

6 Responses to “Ayo memasak bubur kacang hijau”

  1. niken.ekas08 Says:

    jadi ngileerrr…

  2. niken Says:

    gini caa caranyaa……hehehehe

  3. rizka.paramitha08 Says:

    kapan yuk kita buat….

  4. annisa.anastasia08 Says:

    ayuuukk kaaaa….
    kemaren gw uda beli kacangnya sama gula merahnya, tapi ketinggalan di rumah…
    hheu..

  5. wicakz Says:

    mampir juga :D….

    emang enak mah masak ye..daripada koding :))

  6. [Blocked by CFC] annisa.anastasia08 Says:

    wah,, gak juga ya mas…
    soalnya aku lebih sering ngoding daripada masak…
    hhe…

Leave a Reply

bit torrents lotus karls mortgage calculator mortgage calculator uk Original premium news theme